SILABUS
MATA KULIAH ‘ULUM AL-QUR’AN
KELAS REGULER
PRODI
BKI
TAHUN
AKADEMIK 2013/2014
A.
IDENTITAS:
Mata Kuliah : ‘Ulûm al-Qur’ân
·
Semester : Genap
·
Kode Mata Kuliah : MKDL-PTAI
111-07
·
Bobot SKS : 2 SKS
·
Elemen Komponen : MKDK
(Mata Kuliah Dasar Keahlian)
·
Dosen Pengampu : H. Saifuddin Herlambang Moenthe, MA
·
Alamat : Sungai raya dalam- kom.sui raya
lestari A-7 Pontianak
·
HP/Mobile : +6281-350-999-147
B.
TUJUAN : Mahasiswa
mampu menjadi guru agama Islam yang paham sekaligus mampu menerapkan
teori-teori pendekatan dan metode studi al-Quran dalam profesi keguruan
maupun kehidupan. perubahannya
mahasiswa mampu memahami dan menrapkan teori-teori pendekatan dan
metode studi alqur'an dalam profesi dakwah/konseling maupun dalam
kehidupan
C.
TOPIK/ACUAN
MATERI:
1.
Sejarah perkembangan ‘ulum al-Quran;
a.
Terminologi ulumul Quran
b.
Sejarah dan perkembangan ulumul Quran
c.
Nama-nama lain al-Quran
d.
Perbedaan al-Quran dengan Hadits Qudsi
dan Nabawi
e.
2.
Al-Quran dan pembahasannya; Defenisi,
keutamaan dan Sejarah turunnya
3.
kodifikasi
al-Quran
4.
Pengertian
wahyu, teks dan ayat al-Quran dan perbedaannya dengan hadits
5.
Nasikh dan Mansukh
6.
Asbab an-Nuzul
7.
Munasabat
dan pembahasannya
8.
Muhkam dan Mutasyabih
9.
Makkiyah
dan Madaniyah
10. I'jaz al-Quran
11. Majaz al-Quran
12. Rasm al-Quran;
Rasm al-‘ustmani – Mushaaf ‘ustmani
13. Fadhail al-Quran wa Tilawatih
14. Hermeneutika al-Quran dan
pembahasannya
15. Tafsir,
Ta'wil dan
terjemah al-Quran
16. Metode tafsir
17. Jenis-jenis tafsir
18. Sejarah tafsir
D.
STRATEGI /METODE:
1.
Ceramah
2.
Diskusi (Active
Debate, Expanding Panel, dll)
3.
Active
Observation and Feedback
E.
REFERENSI:
·
Al-A’zami, The
History of The Quranic Text: From Revelation to Complication, (terj.),
Jakarta: Gema Insani, 2005.
·
Zuhdi, Masjfuk Prof. Drs. Pengantar
‘ulumul Quran, Surabaya: Karya abditama, 1997
·
Al-Wahidi, Asbab
an-Nuzul, Beirut, Dar al-Fikr, 1991.
·
Komaruddin
Hidayat, Memahami Bahasa Agama, Jakarta, Paramadina, 1996.
·
Muhammad ‘Abid
al-Jabiri, Takwin al-‘Aql al-‘Arabi, Bairut, Markaz Dirasat al-Wihdah
al-‘Arabiyyah, 1989.
·
Muhammad Syahrur,
al-Kitab wa al-Qur’n, Bairut, Syirkah al-Matbu’at li al-Tauzi’ wa
an-Nasyr, 2000.
·
Muhammad ‘Ata
al-Sid, Sejarah Kalam Tuhan, Jakarta, Teraju, 2004
·
Nasr Hamid Abu
Zayd, Hermeneutika Inklusif, (terj.), Yogyakarta, LkiS, 2004.
·
Nasr Hamid Abu
Zayd, Kritik Wacana Agama, (terj.), Yogyakarta, LkiS, 2003.
·
Nasr Hamid Abu
Zayd, Mafhum an-Nas: Dirasat fi ‘Ulum al-Qur’an, Bairut, al-Markaz
as-Saqafi al-‘Arabi, 2000.
·
Al-Qattan,Manna’,
2000,Mabahits fi Ulumil Qur’an,Kairo: Maktabah Wahbah
·
Azra
,Azyumardi (ed) Sejarah dan Ulum al Qur’an, Jakarta;Pustaka Firdaus,1999
·
Shihab,M.Qurays, Membumikan al Qur’an; Fungsi
dan peran wahyu dalam kehidupan masyarakat, Bandung: Mizan,1994
·
Anwar, Rosihon, Ulumul Qur’an, Bandung:
Pustaka Setia, 2000.
·
As-Shiddiqy
Hasby, Ilmu-ilmu Al qur’an, Semarang:
Pustka Rizki Putra, 2002
·
Abu
Zaid, Nashir Hamid, Mafhum Annas ....
terjemahan, Yogyakarta, LkiS 2005
·
Khuderi
Bek, Syekh Muhammad, Tarikh al tasyrik
alIslami, Maktabah as-Sakdah,1954,
·
Rosihan
Anwar,Ulum al-Quran, Pustaka setia, Bandung, 2008,
·
As
Sholeh, Subhi, Mabahist Fi Ulumil Qur’an
(terjemah) Jakarta Pustaka Firdaus, 2008
·
Nor
Ihwan, Muhamad, Memahami Bahasa alquran,(Yogyakarta,
Pustaka pelajar, 2002)
·
Al
Zarqani,Muhammad Abdul Adzim,Syeikh Manahil al-Urfan fi Ulum
Al qur’an; Jakarta; Gaya Media Pratama, 2001
·
Muhammad Ali Al-Shabuni, Attibyan fi ‘Ulumil
Quran, Maktabah al-Ghazali, Damaskus, 1991
·
Al-Zarkasyî,
al-Burhân fî ‘ulûm al-Qur`ân
·
Al-Jalâluddin
al-Suyuthî, al-Itqân fî ‘ulûm al-Qur`ân, Kairo: Dâr al-Hadîst
Referensi utama yang sangat dianjurkan:
·
Syeich
Muhammad abdul adzim al-Zarqani, Al-Itqan Fi Ulumil Qur’an
·
Al-Zarkasyi, Al-Burhan Fi Ulumil Qur’an
·
Muhammad Ali Al-Shabuni, Attibyan fi ‘Ulumil
Quran
Pontianak, Februari 2013
Dosen Pengampu,
H. Saifuddin Herlambang Munthe, MA
NIP
1973102 2201101 1001
Posting Komentar